Arti Drama Korea 'Goblin' Berbeda Jauh Dengan 'Dokkaebi', Inikah 'Dokkaebi' Yang Sebenarnya?


Drama Korea yang sedang diperbincangkan oleh para nettizen ini sedang booming-boomingnya pada awal tahun 2017. Sudah tak dipungkiri lagi, Drama 'Goblin' sudah membuat para penonton menjadi baper karena alur ceritanya.

Meskpin sudah tamat, Drama 'Goblin' ini pun masih tetap menjadi perbincangan nettizen. Pada tahun 2016 lalu, saat masih penayangan awal. Drama 'Goblin' ini berubah judul menjadi 'Guardian : The Lonely and Great God'. Pergantian judul ini dikarenakan arti Goblin yang berbeda jauh dengan karakter Gong Yoo di Drama.

Perubahan judul itu dikarenakan perbedaan bahasa Korea dan bahasa Inggris. Dan dimana juga, cerita masyarakat Korea berbeda dengan cerita masyarakat Eropa.

Hasil gambar untuk dokkaebi korean

Dalam bahasa Korea, 'Dokkaebi' ini memiliki arti yang berbeda dengan 'Goblin'. Dokkaebi adalah makhluk supernatural dalam dongeng Korea yang berwujud monster namun tidka jahat. Dokkaebi diceritakan sangat jahil dan senang bermain curang pada orang yang jahat. Namun, Dokkaebi juga suka memberikan hadiah pada orang baik.

Dokkaebi juga beebeda jauh dengan hantu, hantu menampakkan wujud orang mati, sedang Dokkaebi menampakan diri dengan berbagai wujud. Dokkaebi disebutkan tidaklah berbahaya, namun terkadang mereka jahil. Mereka menjahili dengan menantang pejalan kaki yang sedang berjalan sendiri untuk bermain Ssireum.

Kebanyakan Dokkaebi membawa jenis gada atau palu kayu yang bernama Bangmangi.Bangmangi memiliki kemampuan sihir yang mampu memunculka apapun yang Dokkaebi mau. Dokkaebi juga memiliki sebuah penutup kepala yang dikenal dengan Gamtu yang memiliki kekuatan tembus pandang yang diberikan kepada siapun yang memakainya.

Sedangkan 'Goblin' yang menurut cerita masyarakat Eropa adalah bangsa peri atau makhluk supernatural yang aneh, kerdil dan terkadang jahat. Dalam beberapa kasus, Goblin merupakan makhluk kecil yang terus-menerus mengganggu dan memiliki kemampuan magis.

Hasil gambar untuk goblin

Mereka juga sangat serakah dan cinta emas atau jenis perhiasan. Goblin juga erat kaitannya dengan api dan memiliki kemampuan untuk menciptakannya.

Ada juga versi lain bahwa Goblin adalah makhluk ganas dan buas. Ras mereka diidentikan  dengan makhluk jahat dan petarung yang bruntal. Kadang-kadang mereka menculik bayi dan memangsa manusia.

Itulah alasan mengapa 'Goblin' berbeda jauh dengan 'Dokkaebi'. Karena perbedaan bahasa dan cerita masyarakat inilah judul dari Drama Gong Yoo ini diganti dan menyebabkan para nettizen geger.

Komentar